Morris Worm

Pada ulasan kali ini, saya akan membahas mengenai video pada situs YouTube yang berhudul "What was the Morris worm?" Video ini diunggah pada 8 September 2016 oleh internet-class. Video ini memiliki pembicara bernama Geoffrey Challen, yang merupakan asisten profesor pada fakultas Computer Science and Engineering di University at Buffalo, dan producer Grek Bunyea yang merupakan mahasiswa di fakultas dan universitas yang sama. Internet-class sendiri merupakan sebuah research group dari universitas tersebut (blue.cse.buffalo.edu).

Video ini membahas sebuah worm yang menginfeksi sebagian besar atau bahkan seluruh device yang terhubung internet pada November 1998. Worm ini terkenal dengan sebutan "Morris Worm" atau the Great Worm. Seorang mahasiswa bernama Robert Morris di Cornell University pada masa itu, menyatakan bahwa ia ingin memetakan internet. Teorinya adalah dengan cara menyebarkan sebuah worm ke seluruh device yang terhubung dengan internet. Worm tersebut kemudian akan mengembalikan suatu informasi yang memungkinkan Morris untuk memetakan seluruh internet.

Walaupun secara teori hal tersebut sudah cukup baik, tentunya ada pertanyaan mengenai bagaimana cara Morris memastikan bahwa seluruh komputer telah mendapatkan worm tersebut, tanpa menggandakan program di dalam komputer? Untuk mencegah user yang menolak pemrograman worm tersebut, akhirnya Morris memilih untuk menggunakan rasio 1:7, dimana worm hanya akan terinstall dalam rasio tersebut. Sayangnya, dengan jumlah komputer saat itu dan rasio yang terlalu besar, akhirnya seluruh komputer di dunia yang tersambung dengan internet menghadapi suatu krisis dimana worm tersebut terinstall hingga beribu-ribu kali, yang akhirnya membuat komputer tidak dapat digunakan. Solusi yang akhirnya dilaksanakan adalah menghentikan hubungan seluruh komputer di dunia dengan internet dan hanya menyambungkannya lagi ketika seluruh komputer sudah bebas dari worm tersebut.

Informasi:
Github Account: nabilafakhirah
URL Ulasan: https://nabilafakhirah.blogspot.com/2017/12/morris-worm.html
URL Video: https://youtu.be/KsrirSb2jiU
Video Author: Internet-class
Pemetaan: week02
Revisi pertama: 2 Desember 2017
Revisi terakhir: 2 Desember 2017

Comments

Popular Posts